Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis Roll Film dan Harganya

Pada dasarnya, yang namanya roll film ini yang terdapat pada kamera analog. Fungsinya adalah untuk dapat menyimpan hasil dari foto. Inilah mengapa jika Anda berkunjungi ke studio foto, di mana pun tempatnya. Pasti ada roll film yang biasanya terletak pada bagian depan etalase sebagai bentukan contoh kepada customer.

Jenis Roll Film Yang Patut Untuk Diketahui

Roll Film

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa roll film ini berguna untuk dapat menyimpan foto. Sampai sekarang ini, jenis film sendiri telah berkembang pesat dan banyak sekali berbagai macam ukurannya. Pada dasarnya, 1 roll film isinya bisa sampai 36 frame. Sedangkan jenisnya, antara lain.

1.  Roll Film Black and White

Salah satu jenis film yang sampai saat ini masih digunakan, yaitu roll film hitam putih atau black and white. Biasanya film satu ini, hasilnya terdapat grain pada fotonya. Nah, untuk proses cetak fotonya, film B&W merupakan jenis film paling mudah untuk dicetak menggunakan cairan developer serta bahan lain.

Terlebih lagi bahannya sangat mudah untuk dicari, sedangkan untuk contoh film dari black and white ini salah satunya adalah Lucky 100 dengan kisaran harganya Rp 50.000. Agfa APX dihargai sekitar Rp 77.000 dan masih banyak lagi lainnya.

2.  Roll Film Color Atau Film Negatif

Kemudian, ada jenis film color atau dikenal sebagai film negatif. Jenis film satu ini termasuk yang paling banyak dijual, mengingat warnanya sangat khas. Bahkan ada testimoni yang mengatakan, bahwa aplikasi layaknya VSCO maupun instagram justru terinspirasi dari film warna satu ini.

Namun, di samping keunggulan dari jenis film satu ini ada kekurangan yang terdapat pada proses cetaknya. Prosesnya percetakannya terbilang cukup ribet, itu karena masih harus ke lab. Mengingat proses tersebut menggunakan mesin serta cairan yang digunakan cairan kimia berjenis C41.

3.  Roll Film Slide Atau Film Positif

Selain itu, ada jenis film yang seringkali dianggap mirip dengan film color. Hasil foto dari roll film ini juga berwarna, ada perbedaan signifikan dari jenis film lainnya. Perbedaannya ada setelah dicuci, hasil gambarnya yang muncul pada klise, bisa langsung terlihat tanpa harus discan / di invert terlebih dahulu.

Sedangkan untuk cairan yang biasanya digunakan pada jenis film satu ini, yaitu cairan kimia E6. Anda juga dapat mencucinya dengan menggunakan cairan C4. Namun, klisenya memiliki hasil yang sama seperti film warna pada umumnya.

Harga Roll Film

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, bahwa roll film ini memiliki jenisnya masing-masing. Begitu pula, manfaat dan hasilnya. Tentu saja akan berbeda – beda setiap film, sebelum membeli filmnya ketahui kisaran harganya berikut ini.

1.  Kodak Ultramax 400 Roll Film 35 mm

Salah satu jenis produk yang sampai saat ini booming dan banyak digunakan, yaitu Kodax Ultramax. Film satu ini biasanya banyak tersedia di beberapa market place dan harganya juga terjangkau, paling tidak setara dengan manfaatnya.

Untuk produk film Kodax Ultramax ini, mampu menawarkan 3 2 4 gulungan eksposur. Hasil gambarnya pun juga sangat bagus, lebih tajam dengan adanya subjek bergerak. Jangkauan flashnya diperluas dan mengurangi efek goyang dari kameranya. Harganya mulai dari Rp 120.000.

2.  INSTAXSHOP Kodak

Masih dalam jenis yang sama, INSTAXSHOP Kodak ini juga tersedia di beberapa market place kesayangan Anda. Spesifikasinya sangat bagus, hasil gambar yang didapat dari kamera atau bahkan subjek bergerak semuanya memiliki hasil yang sempurna.

Bahkan dapat membantu supaya kamera tidak mudah goyang. Sedangkan untuk harganya sendiri, biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 125.000. Tentu saja di beberapa market place harga bisa berbeda. Namun, tidak jauh berbeda.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis dan juga harga dari roll film. Dengan adanya berbagai macam produk film tersebut di atas, Anda bisa menyesuaikan dan membelinya sesuai keperluan. Di market place pun harganya terbilang terjangkau.